Uncategorized

PELATIHAN PUPM KELOMPOK TANI

7 February 2022


Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan bersama Pemerintah Kalurahan Sambirejo mengadakan pelatihan PUPM (Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat) dalam rangka meningkatkan kelembagaan kelompok tani/gapoktan. Dihadiri oleh Panewu Prambanan, Perwakilan Dinas Pertanian, Lurah Sambirejo, dan Perwakilan dari Kelompok Tani Sambirejo. Bertempat di Aula Kalurahan Sambirejo serta dilaksanakan selama 3 hari. Senin, (07/02/2022)

“Petani di Kalurahan Sambirejo rata – rata saat ini sudah menggunakan cara yang modern dalam melakukan kegiatan pertanian. Untuk melestarikan kebudayaan, cara – cara tradisional harus tetap dilestarikan seperti wiwitan sebelum melakukan panen, memanen padi dengan menggunakan teknik ani – ani, dan lain sebaginya. Selain itu harapannya pertanian di Sambirejo dapat berkembang dan diolah menjadi sesuatu yang menghasilkan karna di setiap dusunnya sudah terdapat potensi yang sangat menjanjikan untuk kedepannya.”- Lurah Sambirejo.

Pada pelatihan PUPM ini secara garis besar membahas mengenai pengembangan usaha gapoktan di Kalurahan Sambirejo, pengelolaan manajemen pembiayaan agribisnis, dan pengelolaan dan pembukuan keuangan. Selain membahas mengenai materi yang berkaitan dengan PUPM, pada hari terakhir peserta melakukan kunjungan studi bandig ke LKM-A Sumberharjo, Prambanan.

Harapannya setelah dilakukan pelatihan ini para pelaku tani di Kalurahan Sambirejo dapat mengembangkan potensi pertanian yang dimiliki oleh masing – masing dusun seKalurahan Sambirejo.



Bagikan berita ini


Berita Lainnya

Telkom Living Lab Smart City Nusantara
Jl. Gunung Sahari Raya No.53, Jakarta Pusat
Living Lab Smart City Nusantara
 
© 2020, Smart Village Nusantara. Hak Cipta Dilindungi