Uncategorized

KUNJUNGAN KERJA KALURAHAN UMBULHARJO, CANGKRINGAN, SLEMAN

20 December 2021


Telah dilaksanakan kunjungan kerja dari Kalurahan Umbulharjo ke Kalurahan Sambirejo. Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk meninjau mengenai pengelolaan tanah kas desa, pengelolaan wisata, dan peraturan kalurahan mengenai pungutan desa. Dihadiri oleh perwakilan dari perangkat Kalurahan Umbulharjo, perwakilan dari Dukuh Kalurahan Umbulharjo, Bumdes Kalurahan Umbulharjo, dan didampingi oleh Babinsa Kalurahan Umbulharjo serta diterima baik oleh Lurah, Carik, Kamituwa, dan Jagabaya Kalurahan Sambirejo. Senin ( 20/12/2021)

Dengan kondisi dan keadaan wilayah Kalurahan Sambirejo yang didominasi oleh pegunungan dan bebatuan tentu awalnya sangat sulit untuk Kalurahan Sambirejo mengembangkan wisata di Kalurahan Sambirejo. Hal tersebut menjadi alasan Kalurahan Umbulharjo menyambangi Kalurahan Sambirejo untuk belajar cara mengelola kondisi tersebut sehingga saat ini menjadi desa wisata yang cukup populer dikalangan masyarakat dan menjadi 5 terbaik di desa wisata maju dalam ajang ADWI 2021.

Pertemuan tersebut di mulai dengan menceritakan awal mula kondisi Kalurahan Sambirejo, kondisi dan bagaimana cara pengembangan wisata di Kalurahan Sambirejo. Carik Sambirejo menjelaskan pada awalnya Tebing Breksi merupakan area tambang galian, lalu dilihat peluang dari tempat tersebut dan dibentuklah pokdarwis serta diterbitkan SK pengelolaan pariwisata, sehingga seiring berjalannya waktu yang tadinya tempat tambang galian diubah menjadi tempat wisata. Awalnya pengunjung Tebing Breksi hanya sedikit lalu semakin lama semakin bertambah sehingga Kalurahan Sambirejo perlahan mulai bangkit dan berkembang, hal tersebut berpengaruh juga terhadap perekonomian warga.

Harapannya setelah pertemuan ini Kalurahan Umbulharjo dapat memetik cerita dari awal mula kondisi pariwisata sampai meningkatnya pariwisata di Kalurahan Sambirejo serta dapat diterapkan di Kalurahan Umbulharjo. Sehingga dapat membantu berkembangnya pariwisata di Kalurahan Umbulharjo dan meningkatkan perekonomian masyarakat.



Bagikan berita ini


Berita Lainnya

Telkom Living Lab Smart City Nusantara
Jl. Gunung Sahari Raya No.53, Jakarta Pusat
Living Lab Smart City Nusantara
 
© 2020, Smart Village Nusantara. Hak Cipta Dilindungi