Uncategorized

KEANEKARAGAMAN KALURAHAN SAMBIREJO

7 February 2022


Batu alam di Kalurahan Sambirejo merupakan dampak lahar dari gunung merapi yang meletus beberapa tahun silam. Dalam pengelolaan masyarakat Kalurahan Sambirejo sudah dimulai sejak zaman nenek moyang, pada awalnya batu alam ini ditambang oleh masyarakat Sambirejo yang tentu saja suatu saat akan semakin terkikis dan habis.

Maka, untuk mengantisipasi hal tersebut masyarakat Sambirejo berusaha mencari cara agar batu alam ini tidak akan habis, yaitu dengan cara mengelola batu alam menjadi sebuah kerajinan dengan cara memahat batu alam. Dalam proses pengelolaan batu alam ini dibentuklah paguyuban yang bernama “Karya Stone”. Selain mengelola batu alam menjadi sebuah kerajinan pahatan batu dibentuklah pula menjadi destinasi wisata yang saat ini dikenal dengan Taman Wisata Tebing Breksi.

Hal ini sangat berdampak positif karena dengan adanya pengelolaan batu alam menjadi sebuah kerajinan maka nilai jual yang dihasilkan pun semakin bertambah, selain itu batu alam tidak akan cepat terkikis habis selain itu limbah yang dihasilkan dari pemotongan batu alam juga dapat dimanfaatkan menjadi pasir. Sehingga untuk pengrajin batu alam ini tidak ada dampak dari limbah yang digunakan hanya terdampak suara bising pada saat pembuatan kerajinan.



Bagikan berita ini


Berita Lainnya

Telkom Living Lab Smart City Nusantara
Jl. Gunung Sahari Raya No.53, Jakarta Pusat
Living Lab Smart City Nusantara
 
© 2020, Smart Village Nusantara. Hak Cipta Dilindungi