Uncategorized

MENCEGAH STUNTING PADA ANAK

18 November 2021


Stunting adalah kondisi dimana tinggi badan anak ternyata lebih pendek dibanding tinggi badan anak pada umumnya (yang seusia). Ciri ciri stunting pada 2 tahun pertama kehidupan yaitu daya tahan tubuh rendah, kecerdasan rendah, produktivitas usia dewasa rendah. Upaya Pemerintah Kalurahan Sambirejo dalam mencegah stunting pada anak adalah dengan memberikan sosialisasi mengenai PMBA (Pemberian Makan Bayi dan Anak). Pemerintah Kalurahan Sambirejo bekerja sama dengan Puskesmas Prambanan dalam menyampaikan sosialisasi mengenai tumbuh kembang anak. Peserta kegiatan ini yaitu orang tua yang mempunyai anak usia balita se-Kalurahan Sambirejo. Bertempat di Pendopo Kaluraha Sambirejo dan disampaikan oleh Bidan Kalurahan Sambirejo Siti Puryanti, Amd dan ahli gizi Rika Handayani, Amd.Gz. Rabu, (17/11/2021)

Kasus stunting di Indonesia sendiri sudah menurun, tetapi ini belum selesai. Stunting di Indonesia harus diberantas karena selain mengganggu kesehatan pada anak stunting juga menyebabkan penghambatan pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kemiskinan, dan memperlebar ketimpangan.

Kegiatan sosialisasi PMBA ini membahas mengenai pola makan anak dengan gizi yang cukup setiap harinya serta menyampaikan apa yang perlu anak dapatkan setiap hari agar gizinya terpenuhi. Selain diadakan sosialisasi, upaya selanjutnya yaitu dengan memantau tumbuh kembang anak melalui kegiatan posyandu rutin pada setiap bulannya.



Bagikan berita ini


Berita Lainnya

Telkom Living Lab Smart City Nusantara
Jl. Gunung Sahari Raya No.53, Jakarta Pusat
Living Lab Smart City Nusantara
 
© 2020, Smart Village Nusantara. Hak Cipta Dilindungi