Uncategorized

SAMBIREJO TEGASKAN PERBURUAN SATWA LIAR

17 November 2021


Satwa merupakan bagian dari sumber daya alam yang tidak ternilai harganya sehingga jenis, habitat, ekosistem, dan populasinya perlu dijaga kelestariannya. Maka dari itu perlu dijaga kelestariannya. Upaya Pemerintah Kalurahan Sambirejo dalam menjaga kelestarian tersebut adalah dengan menerbitkan payung hukum. Tujuannya  adalah untuk mengadakan ketertiban dalam pergaulan manusia, sehingga keamanan dan ketertiban terpelihara. bersifat memaksa, yang menentukan tingkah laku manusia dalam lingkungan masyarakat, untuk pelanggaran nantinya ditindak tegas dengan memberikan tindakan hukum tertentu. BPKal Sambirejo bersama Lurah Sambirejo, Perangkat Desa, Staf, Duku se-Kalurahan Sambirejo, dan Tokoh Masyarakat. Kegiatan di laksanakan di Aula Sambirejo. Rabu (17/11/2021)

“ Perburuan liar ini sangat riskan terjadi di Sambirejo, karena lokasinya yang terdapat banyak hutan maka ada kemungkinan adanya satwa satwa yang dilindungi. Maka dari itu harus di tegakkan hokum yang tegas untuk perburuan liar agar satwa yang berada di Kalurahan Sambirejo tidak punah ”- Ujar Lurah Sambirejo

Lurah Sambirejo menindak tegas orang – orang yang melakukan perburuan liar, karena adanya payung hukum yang berlaku maka akan ditindak sesuai hukum yang berlaku. Selain itu kerja sama RT/RW, Dukuh, dan masyarakat sekitar juga sangat penting untuk menghilangkan perburuan liar ini.

Kegiatan sidang penetapan peraturan kalurahan tentang perburuan satwa dan lembaga kemasyarakatan kalurahan  ini dilakukan dengan menggunakan metode FGD (Forum Group Discusion) dimana pada awalnya mengupas tuntas isi peraturan tentang perburuan tersebut lalu diadakan sesi tanya jawab oleh BPKal ke Tokoh Masyarakat guna mengoreksi pasal manakah yang sekiranya perlu diperbaiki atau dihilangkan. Harapannya setelah ditetapkan hukum mengenai perburuan satwa liar ini Kalurahan Sambirejo terbebas dari perburuan liar sehingga melindungi satwa – satwa yang berada di Kalurahan Sambirejo.



Bagikan berita ini


Berita Lainnya

Telkom Living Lab Smart City Nusantara
Jl. Gunung Sahari Raya No.53, Jakarta Pusat
Living Lab Smart City Nusantara
 
© 2020, Smart Village Nusantara. Hak Cipta Dilindungi