Uncategorized

TINJAUAN POTENSI TEBING BREKSI OLEH KEMENPAREKRAF SANDIAGA UNO

24 May 2021


Telah dilaksanakan kunjungan kerja (kunker) dari Kementrian Pariwisata Ekonomi Kreatif Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A, dengan didampingi oleh Bupati Sleman Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo, Kepala Dinas Pariwisata DIY Ir. Singgih Raharjo, SH., M. Ed, dan PLT Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Dr. Suci Iriani Sinuraya, M.Si., M.M.. Kunjungan dilakukan ke Tebing Breksi yang terletak di Kalurahan Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Kamis (20/05/2021)

Tujuan kunjungan Sandiaga Uno ke Tebing Breksi yaitu untuk meninjau perkembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif serta kesiapan sektor pariwisata dalam menghadapi pandemi Covid-19. Salah satu sektor ekonomi kreatif teratas, adalah Industri Kuliner, namun pada masa pandemi ini kurang bergairah. Harapannya untuk mempertahankan Industri Kuliner diciptakan digitalisasi produk.

Selain berkunjung ke destinasi wisata, Sandiaga Uno juga mengunjungi pelaku usaha UMKM yang menjual berbagai olahan makanan dan kerajinan batik jumput yang dikelola oleh Bumdes Sambirejo.

“Ketika kita mengelola sebuah destinasi dengan pendekatan alam budaya maupun berkelanjutan ternyata bisa menghadirkan kesejahteraan. Berdasarkan observasi data di Kecamatan Prambanan ini semenjak pariwisata ditingkatkan kemiskinan turun dari 16 % ke 5 %. Kuncinya adalah meningkatkan ketrampilan pengelola”- Ujar Sandiaga Uno

“Pariwisata di Tebing Breksi mengalami penurunan yang cukup signifikan. Biasanya bisa mencapai 5000 hingga 10.000 pengunjung dalam sehari. Namun di tengah pandemi ini hanya memperoleh sekitar 500 wisatawan dalam sehari, bahkan hingga sore hari Pak Sandiaga menjadi wisatawan ke-174” – Tambah Kustini Sri Purnomo

Dengan adanya kunjungan dari Kemenparekraf ini Sandiaga Uno berharap dapat meningkatkan perekonomian Tebing Breksi dan menambah semangat bagi para pelaku usaha. (adm_hyy)



Bagikan berita ini


Berita Lainnya

Telkom Living Lab Smart City Nusantara
Jl. Gunung Sahari Raya No.53, Jakarta Pusat
Living Lab Smart City Nusantara
 
© 2020, Smart Village Nusantara. Hak Cipta Dilindungi