SOSIAL MASYARAKAT

KOORDINASI TATA LAKSANA PENANGANAN COVID-19

4 March 2021


Telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Tata Laksana Penanganan Kasus Covid-19 di Aula Puskesmas Prambanan, rapat koordinasi dihadiri oleh Babinsa & Babinkamtibmas se Kapanewon Prambanan, Kamituwa se kapanewon Prambanan, Bidan desa se kapanewon Prambanan, Tenaga Tracer Dinas Kesehatan, Kamis (04/03/2021).

Koordinasi ini membahas tentang bagaimana cara menangani jika ada masyarakat yang terpapar COVID-19. Ada 3 tahapan yaitu Identifikasi kontak, pencatatan detail kontak, tindak lanjut kontak. Identifikasi kontak yaitu dengan cara tracing siapa saja yang bertemu atau kontak langsung dengan penderita COVID-19, lalu setelah itu dicatat secara detail dengan melakukan wawancara via aplikasi, setelah itu ditindak lanjuti apakah penanganan yang sesuai dengan keadaan orang tersebut.

Pelibatan masyarakat juga sangat penting untuk memastikan tidak adanya stigma yang muncul pada orang-orang yang masuk kategori kontak erat. Komunikasi yang baik dan jelas dengan mengharapkan kesukarelaan pada kontak erat untuk dilakukan wawancara, melakukan karantina mandiri, pemeriksaan swab, pemantauan (atau melaporkan ada/tidaknya gejala setiap hari) dan untuk dilakukan isolasi jika muncul gejala.



Bagikan berita ini


Berita Lainnya

Telkom Living Lab Smart City Nusantara
Jl. Gunung Sahari Raya No.53, Jakarta Pusat
Living Lab Smart City Nusantara
 
© 2020, Smart Village Nusantara. Hak Cipta Dilindungi