SOSIAL MASYARAKAT Uncategorized

BEKAL KADER KESEHATAN MELALUI PELATIHAN MOTIVATOR KADER PMBA SAMBIREJO

27 February 2021


SAMBIREJO – Kalurahan Sambirejo telah usai menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Motivator Kader PMBA Kalurahan Sambirejo Kapanewon Prambanan. Kegiatan Pelatihan dilaksanakan selama 4 hari dimulai pada hari Selasa, 23 Februari 2021 sampai dengan Kamis, 26 Februari 2021 di Aula Kalurahan Sambirejo.

Dengan menyesuaikan Protokol Kesehatan kegiatan ini diikuti dengan peserta terbatas 20 orang dari kader kesehatan Kalurahan Sambirejo. Kegiatan ini sebagai tupoksi Kalurahan diprogram Kamituwa bidang kesehatan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Sleman sebagai fasilitator sekaligus pemateri dalam kegiatan Pelatihan Motivator Kader PMBA ini.

Masih tingginya angka balita stunting, ibu hamil anemi, dan ibu hamil kek di Kalurahan Sambirejo menjadi dasar kegiatan Pelatihan ini dilaksanakan. Data yang diperoleh dilapangan Kalurahan Sambirejo Bumil Anemia 19 orang (23,5%) Bumil KEK 10 orang (12,3%) Stunting 21 orang (5,4%).


Pelatihan Motivator Kader PMBA harapannya dapat menjadi bekal untuk membantu menurunkan angka balita stunting, ibu hamil anemi, dan ibu hamil kek di Kalurahan Sambirejo. Selain itu peserta dapat bekal pengetahuan, ketrampilan dan alat untuk mendukung ibu, ayah dan pengasuh dalam meningkatkan praktik pemberian makan kepada bayi dan anak, ibu hamil secara optimal.

“Materi cukup lengkap mulai dari gizi untuk ibu hamil dan menyusui, posisi menyusui, pemberian MP ASI sesuai usia dan pemantauan pertumbuhan secara rutin. Keseluruhan materi disampaikan melalui penjelasan, diskusi, praktek dan simulasi kegiatan di Posyandu Sambirejo”, Ujar Siti Puryanti Kader kesehatan kalurahan Sambirejo.

Kegiatan ini sekaligus untuk mendukung Gerakan Nasional Seribu Hari Kehidupan untuk mencegah anak agar tidak mengalami stunting (pendek).

Pewarta : Siti Puryanti | Editor : Tim Media Kalurahan Sambirejo



Bagikan berita ini


Berita Lainnya

Telkom Living Lab Smart City Nusantara
Jl. Gunung Sahari Raya No.53, Jakarta Pusat
Living Lab Smart City Nusantara
 
© 2020, Smart Village Nusantara. Hak Cipta Dilindungi